Senin, 02 Januari 2012

Tugas Pemasaran Bab 6

DAUR HIDUP PRODUK



Peran Daur Hidup Produk Dalam Strategi Pemasaran

       Daur hidup produk dapat memberikan indikasi tentang perkembangan suatu produk yang dapat diterima oleh konsumen. Ukuran yang menunjukkan perkembangan tersebut adalah tingkat penjualan produk, di samping juga tingkat keuntungan. Daur hidup produk yang dapat dilalui oleh suatu produk secara normal meliputi 4 tahap,yaitu :

·        Tahap  Perkenalan
       Pada tahap ini, barang mulai dipasarkan dalam jumlah yang besar
walaupun volume penjualannya belum tinggi. Barang yang di jual umumnya barang baru (betul-betul baru) Karena masih berada pada tahap permulaan, biasanya ongkos yang dikeluarkan tinggi terutama biaya periklanan. Promosi yang dilakukan memang harus agfesif dan menitikberatkan pada merek penjual. Di samping itu distribusi barang tersebut masih terbatas dan laba yang diperoleh masih rendah .

·        Tahap  Pertumbuhan
            Dalam tahap pertumbuhan ini, penjualan dan laba akan meningkat dengan cepat. Karena permintaan sudah sangat meningkat dan masyarakat sudah mengenal barang bersangkutan, maka usaha promosi yang dilakukan oleh perusahaan tidak seagresif tahap sebelumnya. Di sini pesaing sudah mulai memasuki pasar sehingga persaingan menjadi lebih ketat. Cara lain yang dapat dilakukan untuk memperluas dan meningkatkan distribusinya adalah dengan menurunkan harga jualnya .

·        Tahap  Kedewasaan
             Pada tahap kedewasaan ini kita dapat melihat bahwa penjualan masih meningkat dan pada tahap berikutnya tetap. Dalam tahap ini, laba produsen maupun laba pengecer mulai turun. Persaingan harga menjadi sangat tajam sehingga perusahaan perlu memperkenalkan produknya dengan model yang baru. Pada tahap kedewasaan ini, usaha periklanan biasanya mulai ditingkatkan lagi untuk menghadapi persaingan .

·         Tahap  Penurunan
             Hampir semua jenis barang yang dihasilkan oleh perusahaan selalu mengalami kekunoan atau keusangan dan harus di ganti dengan barang yang baru. Dalam tahap ini, barang baru harus sudah dipasarkan untuk menggantikan barang lama yang sudah kuno. Meskipun jumlah pesaing sudah berkurang tetapi pengawasan biaya menjadi sangat penting karena permintaan sudah jauh menurun.Apabila barang yang lama tidak segera ditinggalkan tanpa mengganti dengan barang baru, maka perusahaan hanya dapat beroperasi pada pasar tertentu yang sangat terbatas .


Altematif-alternatif yang dapat dilakukan oleh manajemen pada saat penjualan menurun antara lain :

a).  Memperbarui barang (dalam arti fungsinya) .
b).  Meninjau kembali dan memperbaiki progrcm pemasaran serta program  
       produksinya agar lebih efisien .
c).  Menghilangkan ukuran, warna, dan model yang kurang baik .
d).  Menghilangkan sebagian jenis barang untuk mencapai laba optimum pada  
       barang yang sudah ada .
e).  Meninggalkan sama sekali barang tersebut .






Sumber :
http://massofa.wordpress.com/2008/01/25/peran-pemasaran-dalam-perusahaan-dan-masyarakat/ 


http://desiwajarningtias.blogspot.com/2011/12/daur-hidup-produk-peranan-daur-hidup.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar