" PERAN PEMASARAN DALAM PERUSAHAAN DAN MASYARAKAT . . ."
A. Pengertian Pemasaran Menurut WY. Stanton .
Pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial .
B. Pengertian Pemasaran Menurut H.Nystrom .
Pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen .
C. Pengertian Pemasaran Menurut Philip dan Duncan .
Pemasaran yaitu sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk menempatkan barang yang bersifat tangible ke tangan konsumen .
D. Pengertian Pemasaran Menurut Asosiasi pemasaran Amerika Serikat/ American marketing Association .
Pemasaran adalah pelaksanaan kegiatan usaha pedagang yang diarahkan pada aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen .
4 Komponen Dalam Pemasaran Yang Terdiri Dari 4P ,yakni :
- PRODUCT ( Produk )
- PRICE ( Harga )
- PLACE ( Tempat ,termasuk juga Distribusi )
- PROMOTION ( Promosi )
Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut :
- Faktor Mikro .yaitu perantara pemasaran ,pemasok ,dan masyarakat .
- Faktor Makro .yaitu demografi /ekonomi ,politik /hukum ,teknologi /fisik dan sosial /budaya .
Ada 3 macam hal yang dipertimbangkan dalam pemasaran :
1. Consumer Satisfaction (kepuasan konsumen) .
2. Total Company Effort (total usaha perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen) .
3. Profit or Other Long-term Measure (Laba atau tujuan lain yang merupakan keuntungan jangka panjang) .
Konsep Pemasaran Dan Manfaatnya Untuk Perusahaan .
Kepuasan konsumen adalah tujuan utama dari perusahaan .Sekalipun kata-kata ini sering didengar ,masih banyak perusahaan yang masih menganggap bahwa tujuan dari perusahaan adalah kepuasan perusahaan dan bukan kepuasan konsumen .Perusahaan tersebut memposisikan pemasaran sebagai alat untuk menjual barang yang diproduksi ,bukan untuk membuat barang yang memang diinginkan oleh konsumen .
Didalam stratregi pemasaran perusahaan erat kaitannya dengan 3 kekuatan dasar utama yang meliputi:
- Pelanggan (customer) ,
- Perusahaan (corporation) dan
- Persaingan /kompetisi (competition) .
pada konsep pemasaran yang strategi selalu memfokuskan diri pada cara-cara ikut terjun dalam persaingan dimana perusahaan dapat secara efektif menempatkan diri terhadap pesaingnya .Dalam hal ini ,kemampuan memberikan nilai lebih pada pelanggan adalah kata kunci yang dikembangkan dengan lebih optimal .
Concept of Strategic Marketing
strategi pemasaran yang baik mencakup 3 hal berikut :
1. Definisi pasar yang jelas .
2. Kolaborasi yang baik antara kekuatan perusahaan dan kebutuhan pasar .
3. Kinerja perusahaan yang unggul aktif dan responsif terhadap berbagai kondisi persaingan .
3 Keputusan Strategi pemasaran :
* Where .
* When .
* How .
Misi pemasaran adalah kebutuhan pelanggan memuaskan .itu terjadi dalam konteks sosial .Dalam masyarakat mengembangkan pemasarn adalah diperlukan untuk memenuhi kebutuhan anggota masyarakat .Industi alat masyarakat untuk menghasilkan produk untuk kepuasan .
Pemasaran memiliki fungsi penghubung dalam masyarakat. Ini menghubungkan penawaran dan permintaan atau produksi dan konsumsi. Pada tingkat mikro, pemasaran membangun dan memelihara hubungan antara produsen dan konsumen.
Pada tingkat unit bisnis, pemasaran dapat memiliki fungsi integratif. Ini mengintegrasikan semua fungsi dan bagian dari perusahaan untuk melayani pasar .
Pada tingkat unit bisnis, pemasaran dapat memiliki fungsi integratif. Ini mengintegrasikan semua fungsi dan bagian dari perusahaan untuk melayani pasar .
Fungsi sosial dari pemasaran .
Dalam produksi dan konsumsi masyarakat modern yang terpisah dari satu sama lain. Pemasaran menghubungkan mereka. Dari sudut pandang sosial, pemasaran adalah sebuah filosofi yang menunjukkan bagaimana untuk menciptakan sistem produksi yang efektif dan akibatnya kemakmuran.
Dalam produksi dan konsumsi masyarakat modern yang terpisah dari satu sama lain. Pemasaran menghubungkan mereka. Dari sudut pandang sosial, pemasaran adalah sebuah filosofi yang menunjukkan bagaimana untuk menciptakan sistem produksi yang efektif dan akibatnya kemakmuran.
Goodpaster dan Matthews (1982)
Menganalisa tiga pola
pemikiran yang dapat dibedakan untuk tanggung jawab sosial perusahaan :
pemikiran yang dapat dibedakan untuk tanggung jawab sosial perusahaan :
- Tangan Pemerintah .
- Tangan Manajemen .
Sumber : “Google Search/Wikipedia/blogger/pengertian para ahli” …
¨
Tidak ada komentar:
Posting Komentar