Kamis, 22 Desember 2011

Segmentasi Pasar, Penentuan Sasaran Pasar dan Pemosisian ( Pemasaran )


Segmentasi Pasar, Penentuan Sasaran Pasar dan Pemosisian



·         Segmentasi pasar  

Segmentasi pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif . Kita perlu secara kreatif mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yang muncul di pasar ( Hermawan Kertajaya ). Segmentasi pasar sangatlah penting di dalam bisnis dan pemasaran. Walaupun kita tidak boleh mengiris-iris pasar terlalu kecil, segmentasi pasar tetaplah suatu hal yang harus dipelajari dalam membangun usaha. Peranan segmentasi dalam marketing :
1).  Memungkinkan kita untuk lebih fokus masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan kita .
2).  Mendapatkan input mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar .
3).  Merupakan basis bagi kita untuk mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya
4).  Faktor kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda .
                                                 

·         Kriteria  Segmentasi  

Untuk itu sebelum suatu segmen dipilih, maka selayaknya ditentukan terlebih dahulu beberapa kriteria yang harus dipenuhi, antara lain sebagai berikut:
1).  Dapat diukur. Ukuran, daya beli, dan profil segmen dapat diukur.
2).    Besar. segmen cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani. Suatu segmen harus merupakan kelompok homogen terbesar yang paling mungkin, yang berharga untuk diraih dengan program pemasaran yang dirancang khusus untuk mereka.

3).  Dapat diakses. Segmen dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.

4).   Dapat dibedakan. Segmen-segmen secara konseptual dapat dipisah-pisahkan dan memberikan tanggapan yang berbeda terhadap elemen dan bauran pemasaran yang berbeda. Jika wanita yang telah menikah dan belum menikah memberi tanggapan yang sama atas penjualan parfum ,mereka bukanlah segmen yang terpisah .

5).   Dapat diambil tindakan. Program-program yang efektif dapat dirumuskan untuk menarik dan melayani segmen-segmen tersebut .
                                                
·         Persyaratan untuk melakukan segmentasi pasar yang efektif
Ada banyak cara untuk mensegmentasi pasar, namun tidak semua segmentasi efektif. Terdapat beberapa faktor yang harus dipertimbangkan untuk melakukan segmentasi pasar yang efektif. Keempat faktor tersebut adalah :

1).      Dapat Diukur (Measurability), yaitu informasi mengenai sifat-sifat pembeli yang mencakup ukuran, daya beli dan segmen yang dapat diukur. Misalnya, jumlah segmen masyarakat kaya sebagai calon pembeli mobil yang dijadikan segmen penjualan mobil Toyota Kijang .

2).      Dapat dijangkau (Accessibility), yaitu segmen pasar dapat dijangkau dan dilayani secara efektif .

3).      Besarnya cakupan (Substantiality), yaitu tingkat keluasan segmen pasar dan menjanjikan keuntungan bila dilayani. Suatu segmen sebaiknya merupakan kelompok yang homogen dengan jumlah yang cukup besar, sehingga cukup bernilai jika dilayani dengan program pemasaran yang disesuaikan .

4).      Dapat dilaksanakan, yakni program yang efektif dapat dirancang untuk menarik dan melayani segmen tersebut. Sebagai misal, walaupun sebuah perusahaan angkutan antar kota mengidentifikasi sepuluh segmen pasar, namun stafnya terlalu sedikit untuk mengembangkan pemasaran terpisah bagi tiap segmen.            

·         Penentuan  Pasar  Sasaran

       Penentuan pasar sasaran adalah sekelompok orang yang memiliki keinginan dan kebutuhan yang sama. Strategi penentuan pasar sasaran terdiri dari konsentrasi segmentasi single, spesialisasi selektif, spesialisasi produk, spesialisasi pasar, mendukung pasar secara penuh .
       Penetapan pasar sasaran merupakan bagian penting yang harus diperhatikan perusahaan dalam memasarkan produk. Penetapan pasar sasaran yang diterapkan suatu perusahaan tentunya akan terdapat perbedaan dengan penetapan pasar sasaran yang diterapkan oleh perusahaan lain. Penetapan pasar sasaran adalah memutuskan satu atau lebih segmen yang akan dimasuki oleh perusahaan, dengan strategi ini tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik tentunya melalui pembidikan sasaran yang tepat, dengan kata lain segmen mana yang akan dijadikan pasar sasaran, sehingga perusahaan mempunyai pasar yang jelas dan dapat memudahkan dalam memasarkan produknya .

·         Hubungan antara penetapan sasaran pasar dengan segmentasi pasar

      Istilah segmentasi pasar dan penentuan sasaran pasar (Market Targeting) sebenarnya merupakan dua hal yang bebeda. Di depan telah diuraikan bahwa segmentasi pasar itu merupakan kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar yang bersifat homogen. Dalam hal ini, market targeting merupakan keputusan perusahaan mengenai pasar manakah yang akan dilayani .

     Sebagai gambaran, misalnya berdasarkan analisis dan ramalan permintaan, perusahaan dapat mengetahui adanya pasar tertentu yang dianggap menarik, yang membuat perusahaan memperluas pangsa pasar. Perusahaan tersebut mensurvei sejumlah konsumen sebagai sampel dari keseluruhan. Dalam survai ini ditanyakan mengenai atribut produk yang ditawarkan, tentang kualitas, harga, kemasan, servis, dan sejenisnya .

1).        Preferensi yang homogen
Ini menunjukkan suatu pasar di mana semua konsumen dapat dikatakan mempunyai preferensi yang sama, baik mengenai harga maupun kualitas. Dengan demikian diperkirakan para konsumen mempunyai kesukaan yang sama terhadap merek yang ada. Oleh karena titik-titik preferensinya terletak di tengah-tengah atau di pusat .
                                                                                                          
2).        Preferensi yang menyebar
Ini menggambarkan bahwa konsumen mempunyai preferensi yang berbeda-beda tentang apa yang mereka inginkan dari produk tersebut. Kalau di pasar hanya ada satu merek saja tentu preferensinya akan terletak di pusat, disebabkan karena merek tersebut akan menarik sebagian besar konsumen yang ada. Adanya sebuah merek yang teletak di pusat dapat meminimumkan jumlah ketidakpuasan konsumen. Apabila ada merek pesaing maka masing-masing pesaing akan memilih tempatnya sendiri-sendiri secara seimbang dalam product space .

3).        Preferensi yang mengelompok
Selain preferensi yang homogen dan preferensi yang menyebar juga terdapat preferensi yang mengelompok. Kelompok-kelompok yang berupa kumpulan titik-titik yang terdapat dalam produk space disebut segmen pasar natural .


                                            
·         Penentuan  Posisi  Produk
     Penentuan posisi (Positioning) menurut manfaat adalah memposisikan produk sebagai pemimpin dalam suatu manfaat tertentu . Manfaat mencakup manfat simbolis, manfaat fungsional dan manfaat berdasarkan pengalaman. Penentuan posisi yang sukses membutuhkan strategi komunikasi yang mampu menarik perhatian pada salah satu kebutuhan pelanggan, baik simbolis, fungsional maupun eksperimental .
Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk dapat menetapkan target pasar secara tepat sasaran :

1).  Melakukan konsentrasi terhadap pasar tunggal, dalam hal ini kegiatan yang dapat dilakukanadalah dengan cara melakukan pemusatan kegiatan dengan pada satu bagian daripadapasar yang ditarget .

2).  Menerapkan metode dengan mengaplikasikan konsep terhadap spesialisasi terhadapproduk yang lebih spesifik. Sebagai contoh berjualan suatu perusahaan yang memproduksinotebook, maka perusahaan tersebut mengusahakan agar perusahaan tersebut dikenalsebagai perusahaan yang hanya memasarkan dan memproduksi notebook yang bonafit .

3).  Selain itu, hal terpenting yang harus dilakukan adalah dengan cara memperkecil pasaruntuk produk yang spesifik. Contoh perusahaan yang memproduksi laptop dengan modifikasi yang diperuntukan kalangan mahasiswa dan pelajar. Maka perusahaan tersebut lebih fokus untuk memuaskan konsumen dari kalangan pelajar dan mahasiswa .

4).  Melakukan analisis secara keseluruhan, dengan cara ini diharapkan agar sekecil celahkesalahan dapat diatasi dan dapat diketahui, dan segera dapat dicarikan solusinya .



Sumber :Google Searching (wikipedia ,blogspot ,e-learning  ,wordpress ,etc)

                                                                                                                                                                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar